get app
inews
Aa Read Next : Wow! Ketiban Hoki di Tahun 2023, Beruntungnya Pemilik 3 Shio ini, Kamu kah Salah Satunya?

Ilmuwan Temukan Jejak King Kong di Indonesia, Tinggi 5 Meter dan Berat Badan 600 Kg

Senin, 21 November 2022 | 15:46 WIB
header img
Ilmuwan temukan jejak king kong di Indonesia. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - King kong sosok hewan primata berukuran besar yang sering tampil di film-film actions ternyata bukan hanya fiksi saja.Kingkong  diyakini pernah hidup di wilayah yang kini jadi Indonesia karena merupakan kerabat Orangutan yang hingga kini masih hidup di Indonesia.

Keberadaan Kingkong terdeteksi lewat  fosil gigi yang diteliti sejumlah ilmuwan. Misteri  spesies kera terbesar yang pernah hidup di Bumi tersingkap sekaligus memberi penjelasan baru mengenai evolusi kera.

Spesies kera bernama latin Gigantopithecus blacki diperkirakan mencapai tiga meter hingga lima meter dan bobot tubuh 600 kilogram.Ia hidup sebelum zaman es melanda bumi.

Kera tersebut, yang fosil giginya ditemukan di sebuah gua di China, ditengarai sepupu jauh orangutan. Kedua spesies diduga punya nenek moyang yang sama sekitar 12 juta tahun lalu.

"Spesies ini adalah sepupu jauh (orangutan). Artinya kerabat hidup yang paling dekat dengan spesies ini adalah orangutan, dari pada kera besar lainnya, seperti gorilla, simpanse, atau manusia," kata Dr Frido Welker dari Universitas Kopenhagen.

Riset yang dimuat dalam jurnal Nature ini didasari oleh temuan fosil gigi molar berumur dua juta tahun. Runutan protein yang terkandung pada fosil itu kemudia dibandingkan dengan kera-kera yang hidup zaman sekarang. Memperoleh kandungan protein dari fosil berumur dua juta tahun terbilang langka.

Editor : Mahfud