get app
inews
Aa Read Next : Wow! Ketiban Hoki di Tahun 2023, Beruntungnya Pemilik 3 Shio ini, Kamu kah Salah Satunya?

Ilmuwan Temukan Jejak King Kong di Indonesia, Tinggi 5 Meter dan Berat Badan 600 Kg

Senin, 21 November 2022 | 15:46 WIB
header img
Ilmuwan temukan jejak king kong di Indonesia. Foto: Istimewa

Misteri mengenai kera terbesar selama ini sulit diungkap karena hanya berdasarkan beberapa fosil. Langkah ini membangkitkan harapan bahwa para ilmuwan bisa mengungkap kehidupan makhluk-makhluk purbakala, termasuk manusia purba, yang bermukim di kawasan hangat.

Pasalnya, hingga kini kans untuk menemukan DNA atau protein purbakala di iklim tropis tergolong kecil mengingat kondisi sampel-sampel yang ada cenderung cepat memburuk.

"Kajian ini menunjukan bahwa protein purbakala kemungkinan merupakan molekul yang paling cocok bertahan sepanjang evolusi manusia terkini, bahkan di kawasan seperti Asia atau Afrika. karenanya, di masa depan kita bisa meneliti evolusi kita sendiri sebagai suatu spesies untuk rentang waktu yang sangat panjang," kata Dr Walker kepada BBC News.

Giganropithecus blacki pertama kali diidentifikasi pada 1935 berdasarkan sebuah fosil gigi. Kera itu perkirakan hidup di Asia Tenggara seperti di Indonesia dari dua juta tahun lalu sampai 300.000 tahun lalu.

Sejumlah gigi dan empat tulang rahang parsial telah diidentifikasi namun hubungan hewan itu dengan spesies kera besar lainya sulit dilacak.

Tubuh kera tersebut, menurut para ilmuwan yang menganalisa temua fosil-fosil, sangat besar bahkan melampui gorilla. Diperkirakan kera tesebut punah ketika habitatnya berubah dari hutan menjadi sabana.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut