get app
inews
Aa Read Next : Nelayan di Pandeglang Diterkam Buaya Air Asin saat Hendak Mencari Ikan, Kepala dan Bahu Robek

Munggahan, Tradisi Unik yang Masih Dipertahankan Jelang Ramadan di Pandeglang

Senin, 28 Maret 2022 | 18:05 WIB
header img
Warga mendatangi Pantai Ceria, Pandeglang, untuk makan-makan bareng bersama keluarga jelang datangnya Bulan Ramadan 2022 (Foto: Istimewa)

LABUAN, iNews.id - Bulan ramadan tinggal menghitung hari. Warga di Kabupaten Pandeglang mulai banyak yang melakukan tradisi unik sebelum menjalankan ibadah puasa.

Tradisi yang masih dijalankan di Kabupaten berjuluk sejuta santri seribu ulama ini di antaranya nyekar atau berziarah dan munggahan atau makan-makan bersama. Kedua tradisi tersebut hingga kini masih dilestarikan.
 
Salah satu warga asal Kecamatan Bojong, Pandeglang, Siti, mengatakan dirinya hampir setiap menjelang bulan ramadan melakukan tradisi munggahan bersama teman dan juga keluarga.

"Setiap tahun pasti munggahan, makan-makan bersama atau babacakan di suatu tempat seperti hari ini, saya dan rombongan munggahannya di Pantai Ceria," kata Siti. Senin 28 Maret 2022.

Siti menuturkan puasa itu kan merupakan ibadah yang harus disambut dengan gembira, selain ramadan itu bulan yang baik,  juga tidak akan tahu apakah di tahun mendatang akan kembali berjumpa.

"Munggahan ini bentuk antusias kami dalam menyambut datangnya bulan suci ramadan, kita gak tahu apakah di puasa berikutnya akan berjumpa lagi atau tidak, semoga bisa menunaikan hingga hari kemenangan tiba," harapnya.

Terpisah, pengelola Pantai Ceria Akhmad Khaerullah menuturkan, meski terlihat ramai, namun angka kunjungan di moment munggahan tahun ini mengalami penurunan hingga 50 persen.

"Agak lumayan, namun tahun ini mengalami penurunan sekitar 50 persen, padahal untuk tarif masuk tidak kami naikan untuk motor Rp2.000 dan mobil Rp10.000, bisa jadi ini imbas dari seringnya Gunung Anak Krakatu Erupsi, dan juga Pandemi Covid-19 yang juga masih belum usai," tukasnya.

Berdasarkan pantauan, Pantai Ceria yang terletak di Kampung Laba Desa Cigondang, Kabupaten Pandeglang, Banten ini terlihat penuh oleh kepulan asap warga yang tengah membakar lauk pauk.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut