get app
inews
Aa Read Next : Geografi Dunia: Pegunungan Ural, Wilayah Rusia yang Berada di Asia

5 Negara Besar di Dunia yang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022, Italia Paling Tragis

Selasa, 15 November 2022 | 08:40 WIB
header img
5 Negara yang tak lolos ke Piala Dunia 2022. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Gagal tampil di Piala Dunia 2022 ini merupakan catatan buruk bagi beberapa negara besar sepak bola. Ini karena sepak bola Piala Dunia menjadi magnet olahraga.

Beberapa negara besar ini bahkan terhitung selalu berpartisipasi dalam Piala Dunia, namun pada perhelatan Piala Dunia 2022 ini sudah tumbang saat masih di babak kualifikasi.

Berikut lima negara yang tidak lolos mengikuti Piala Dunia 2022, simak apa penyebabnya: 

1. Chile

Di peringkat keempat ada negara Amerika Latin yakni Chile. Walau belum tentu absen di Piala Dunia. Namun peluang Chile untuk lolos ke piala dunia 2022 hampir mustahil karena mereka saat ini hanya bertengger di posisi ketujuh klasemen zona conmebol.

Chile hanya meraih 19 poin saja. Bahkan pertandingan terakhir Chili harus berhadapan dengan lawan berat yakni Uruguay yang sudah lebih dulu memastikan diri lolos ke Piala Dunia.

Andai Chile menang atas Uruguay mereka masih harus menjalani play-off dan melawan tim-tim dari zona Amerika Utara.

Jika kembali absen ini akan jadi kegagalan Chile untuk kedua kalinya karena mereka juga absen di Piala Dunia Tahun 2018.

2. Rusia

Jika negara-negara lain gagal karena tak lolos di fase grup maka beda cerita dengan Rusia. Negara yang sempat jadi tuan rumah Piala Dunia 2018 ini bahkan tak punya kesempatan untuk bertanding di play-off Piala Dunia.

Hal ini akibat invasi Rusia ke Ukraina yang menyebabkan FIFA dan UEFA mengambil langkah tegas dengan mendiskualifikasi Rusia dari semua turnamen internasional baik di level klub maupun Timnas.

FIFA dan UEFA telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia baik tim perwakilan nasional atau tim club akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut rilis pernyataan resmi FIFA.

Sungguh sangat disayangkan karena Rusia punya cukup banyak pemain berkualitas seperti Denis Cheryshev, Aleksandr Golovin, hingga Yuri Zhirkov yang pernah membela Chelsea.

3. Pantai Gading

Timnas Pantai Gading yang diisi beberapa sosok beken ternyata gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Sederet nama mentereng seperti Eric Bailly, Frank Kezi, serta Aurier Nicolas Pepe dan Sebastian Heller tidak mampu mengantarkan tim ke level dunia.

Ini merupakan kegagalan dua kali secara beruntun bagi Pantai Gading karena sebelumnya negara ini pernah gagal pada Tahun 2018.

Dengan momen kekalahan tipis 0-1 dari Kamerun menutup kesempatan mereka. Hal ini karena perolehan 13 poin tidak cukup untuk lolos ke putaran ketiga dan Kamerun lebih berhak melaju dengan 15 poin di posisi ketiga.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut