get app
inews
Aa Read Next : Gas LPG Langka dan Mahal, Hiswana Migas Banten Himbau Warga Beli Langsung ke Pangkalan

Apem hingga Lepet 6 Makanan Khas Pandeglang yang Wajib Dicoba

Senin, 02 Januari 2023 | 07:54 WIB
header img
5 makanan khas Pandeglang yang legendaris. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Selain dikenal dengan banyaknya destinasi wisata, Kabupaten Pandeglang juga memiliki kuliner dengan cita rasa yang lezat yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke kota Badak Cula Satu ini.

Berikut adalah beberapa makanan khas kota Pandeglang yang wajib dicoba saat berkunjung ke sini.

1. Apem Putih Cimanuk

Di Pandeglang tepatnya Kecamatan Cimanuk terkenal dengan makanan khasnya yaitu apem putih, jika kalian lewat sana saat bulan Ramadan, pasti banyak banyak orang berjualan apem putih di pinggir jalan.

Makanan khas Pandeglang ini cocok di makan saat bersantai, pertemuan keluarga atau tajil saat berbuka.

2. Angeun Lada

Dalam Bahasa Indonesia, sajian yang satu ini berarti sayur pedas. Namun ternyata, setelah dicicipi, rasanya tidak pedas, meskipun kuahnya berwarna merah. Dalam kuah yang berwarna merah itu, ada potongan jeroan daging sapi.

Sajian ini banyak ditemui di rumah makan khas Pandeglang. Konon, olahan yang satu ini memiliki khasiat meningkatkan vitalitas kaum pria.

3. Sambel Burog

Apabila tidak menyukai makanan manis, dan lebih memilih cita rasa pedas menggigit maka sambel burog menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Dengan kemasan botol dalam berbagai ukuran, Kamu bisa dengan mudah menemukan sambel burog di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di pusat Pandeglang.

Sambel burog sendiri adalah sambel yang terbuat dari bahan dasar kulit melinjo, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan sangat khas.

Kamu bisa menggunakannya untuk makan bersama nasi hangat serta lauk pauk lainnya. Dijamin rasa masakan bisa menjadi lebih lezat dan membuat Kamu ingin terus nambah, lagi dan lagi.

4. Lepet

Lepet adalah makanan yang banyak ditemukan di sejumlah daerah yang tersebar di nusantara. Daerah penghasil lepet yang paling terkenal adalah dataran Sunda dan provinsi Banten.

Kalau kamu berkunjung ke kota Serang, cukup banyak penjual lepet. Lepet sendiri adalah jajanan pasar yang mirip seperti nasi.

Bedanya, lepet menggunakan beras ketan dan kelapa yang dibalut dengan daun kelapa muda untuk kemudian dikukus.

Lepet atau lepat mempunyai cita rasa yang gurih akibat penggunaan kelapa. Tekstur yang dimiliki oleh lepet empuk sehingga bisa dimakan oleh semua usia produktif.

5. Leumeung

Di bagian Banten Selatan, terdapat satu kuliner khas yang terkenal bernama leumeung.

Leumeung atau lemang bisa ditemukan di daerah Malingping, Lebak Selatan. Makanan tradisional khas Banten yang satu ini terbuat dari campuran beras ketan berbumbu santan kelapa kentan.

Adonan beras ketan dan santan kemudian dimasukkan ke dalam bilah-bilah bambu untuk dibakar pada perapian hingga matang.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut