Pantai Goa Langir, Surga Tersembunyi di Pedalaman Kabupaten Lebak yang Patut Kamu Kunjungi

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 09:50 WIB
Pantai Goa Langir, Kab. Lebak, Banten. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Terletak di daerah terpencil, Pantai Goa Langir menjadikannya sebuah pantai memiliki vegetasi yang lebat, bersih, dan jika beruntung kamu akan bertemu kera dan lutung. 

Pantai Goa Langir merupakan salah satu pantai yang masih asri yang merupakan objek wisata di Desa Wisata Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Selain memiliki tebing, di sepanjang pesisir pantai juga terdapat beberapa Goa. Nama Pantai ini sendiri, diambil dari nama salah satu dari empat Goa yang ada disini, yaitu Goa Langir.

Pantai Goa Langir memiliki Pasir putih yang membentang luas dihiasi tebingan tinggi menjulang ditambah suasana sunyi karena jarang dikunjungi wisatawan, menjadikan pantai ini masih asri dan memukau.

Berhadapan langsung dengan Samudra Hindia membuat pantai ini tidak direkomendasikan untuk berenang karena ombaknya cukup kuat, namun kamu tetap bisa bermain air di bibir pantai dan bermain pasir yang menghampar luas.

Pemandangan panorama pantai yang indah, rimbunnya pepohonan, dan kesunyian pantai ini, akan memberikan suasana damai yang bisa kamu nikmati untuk bersantai.

Di area pantai ini juga terdapat empat goa yang bisa disusuri yaitu Goa Langit, Goa Kanekes, Goa Seribu Candi dan Goa Harta Karun. 

Jika kamu ingin menyusuri goa ini, disarankan untuk membawa senter dan menggunakan helm, karena semakin dalam Goa di sini akan semakin sempit dan gelap, dikhawatirkan kepalamu terbentur stalaktit atau kakimu tersandung stalakmit di dalam Goa. 

Meskipun pantai ini masih jarang dikunjungi dan masih sepi, sebagai pengunjung yang bijak kita tidak boleh meninggalkan sampah plastik begitu saja ketika hendak pulang. Selain mencemari lingkungan, sampah plastik akan merusak ekosistem pantai dan laut karena sulit terurai. 

Oleh karena itu sangat disarankan untuk meminimalisir sampah plastik yang dibawa agar mudah dikumpulkan kembali, dibawa pulang dan dibuang pada tempat yang seharusnya.

Rute

Untuk sampai ke Pantai ini cukup berjalan kaki menyusuri pesisir pantai atau langsung masuk ke gerbang khusus pantai ini.

Jika kamu berasal dari Jakarta dan hendak menuju pantai ini, maka rute ini bisa jadi pilihan kamu. 

Lokasi Pantai Goa Langir berada di Desa Wisata Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Berada sekitar 1 km di sebelah barat Pantai Ciantir, membuatnya dekat dengan pantai lain di sekitarnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini