get app
inews
Aa Read Next : Berkebun di Brunei, Pemuda asal Banten ini Raup Rezeki hingga Belasan Juta Per Bulan

Muncul Keinginan Bunuh Diri, Ini Dia Penyebab Depresi yang Harus Anda Ketahui

Rabu, 09 Agustus 2023 | 07:41 WIB
header img
Orang yang depresi seringkali menunjukkan sejumlah karakteristik psikologis dan fisik. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon – Banyak masyarakat yang memiliki gangguan mental yang disebut sebagai depresi. Depresi merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang terus menerus dan kehilangan minat

Jika depresi yang dibiarkan terus berlanjut dan tidak mendapatkan penanganan dapat menyebabkan terjadinya penurunan produktifitas kerja, gangguan hubungan sosial, hingga munculnya keinginan untuk bunuh diri.

Depresi bisa menyerang siapa saja, termasuk wanita dan pria. Depresi pada wanita sering dikaitkan dengan perubahan hormonal, termasuk menstruasi, kehamilan, setelah melahirkan, atau menopause. Namun hingga saat ini, belum ada penelitian yang menemukan mengapa depresi lebih sering terjadi pada wanita.

Orang yang depresi seringkali menunjukkan sejumlah karakteristik psikologis dan fisik. Ciri-ciri psikologis penderita depresi adalah kecemasan dan kegugupan yang berlebihan, ketidakstabilan emosi, perasaan putus asa atau frustrasi. Selain itu, ciri-ciri fisik penderita depresi adalah merasa lelah dan tak bertenaga, pusing, nyeri yang tidak dapat dijelaskan, dan kehilangan nafsu makan.

Namun, apakah anda tahu bahwa ada penyebab apa saja karena depresi? Berikut adalah penyebab depresi yang bisa memunculkan gangguan mental. Simak dibawah ini ya!

1. Trauma Masa Kecil

Trauma masa kecil memiliki pengaruh besar pada keadaan psikologis seseorang saat dewasa. Beberapa kejadian buruk seperti pelecehan seksual, kehilangan orang tua atau efek perceraian orang tua dapat menyebabkan kondisi trauma.

2. Faktor Lingkungan

Gangguan mental ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang Anda temui sehari-hari, seperti pekerjaan yang sibuk, keluarga yang tidak mendukung, atau pasangan yang suka melakukan kekerasan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut