get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Tim Diskopukmperinda Sidak Gudang Minyak Goreng di Kota Serang

Selasa, 15 Maret 2022 | 23:13 WIB
header img
Tim Diskopukmperinda Sidak Gudang Minyak Goreng di Kota Serang (Foto: Istimewa)

SERANG, iNews.id - Tim gabungan dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) beserta TNI dan Polres Serang Kota melakukan sidak ke sejumlah gudang minyak goreng yang ada di Kota Serang, Selasa (15/3/2022).

Sidak dilakukan guna memastikan ketersediaan minyak goreng jelang bulan ramadan hingga idul fitri aman dan tidak ada penimbunan.

Kasat Reskrim Polres Serang Kota, AKP David Adhi Kusuma, mengatakan berdasarkan monitoring yang dilakukan bersama Pemkot Serang, pendistribusian minyak goreng yang dilakukan oleh distributor dinilai sudah sesuai.

"Kami sudah menyarankan agar pendistribusian ini agar segera disalurkan sesuai dengan masing-masing wilayah," kata AKP David, Selasa (15/3/2022).

AKP David menambahkan data yang kami terima untuk ketersediaan minyak goreng tiap hari habis, setiap hari ada pengiriman. mudah-mudahan sampai ramadan cukup, karena tiap hari pengiriman lancar

"Kami menyarankan agar pendistribusian segera disalurkan sesuai masing-masing jumlah wilayah," paparnya

Lebih lanjut, AKP David mengatakan akan memberikan tindakan tegas apabila mendapati distributor menimbun atau menyimpan minyak goreng dengan jumlah besar.

"Kalau ada yang kedapatan (menimbun) ada ancaman hukumnya terkait itu," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkopukmperindag Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan ketersediaan minyak goreng cukup banyak, bahkan dapat ditemukan di setiap pedagang di lingkungan yang ada di Kota Serang. Namun pihaknya juga harus memastikan harganya harus sesuai HET, sebab masih cukup banyak yang harganya di luar HET.

"Kalau dibawah (pedagang di lingkungan-red) banyak (minyak goreng-red), tapi ini harus kita kontrol agar harga sesuai HET," kata Wasis kepada wartawan.

Meski begitu, lanjut Wasis, pihaknya bersama Polres Serang Kota harus memastikan minyak goreng yang sesuai HET dapat terus disalurkan baik ke Kota Serang maupun daerah lainnya.

Berdasarkan monitoring di empat tempat distributor, yakni di PT Tunas Wangi terdapat stok sebanyak 4.200 karton, PT Tugu Wicaksana 1.500 karton, PT Bukit Inti Makmur 2.289 karton, dan PT Rajawali Nusindo 3.400 karton.

"Satu dus itu 12 liter isinya, dari PT Tunas Wangi 2.100 masih ada di gudang, dan datang lagi 2.100, jadi 50 ribu liter, cukup untuk masyarakat Kota Serang," ujarnya.

Tak hanya itu, ketersediaan minyak goreng juga didukung dengan operasi pasar yang dilakukan di beberapa wilayah di Kota Serang. Hanya saja ketersediaan di ritel masih kurang, dan perlu dikontrol.

"Saya kira kelangkaan sudah tertangani hanya ketersediaan pasokan untuk ritel saja, itu masih kita kontrol. Kalau ritel itu bagus distribusinya, maka saya kira masyarakat tidak pusing," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut