get app
inews
Aa Read Next : Berkebun di Brunei, Pemuda asal Banten ini Raup Rezeki hingga Belasan Juta Per Bulan

Wow, 6 Tips Ini Bisa Bikin Baterai Smartphone Kamu Awet dan Anti Boros

Jum'at, 09 Juni 2023 | 10:00 WIB
header img
Tips agar baterai ponsel awet dan anti boros. Foto: Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Sebagian besar pengguna smartphone sekarang tidak perlu menggunakan baterai lepas-pasang lagi. Karena, baterai sudah terpasang di body, banyak konsumen juga mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Apalagi kini teknologi pengisian cepat bisa menghadirkan kenyamanan yang lebih bagi pengguna smartphone.

Tetapi, karena baterai tidak dapat diganti, sel lithium-ion yang ada di smartphone dulu akan menua dan menurun seiring berjalannya waktu. Dengan seiring bertambahnya usia smartphone kapasitas baterai pun ikut menurun.

Sebagai pengguna smartphone, pastinya kamu pernah mengalami ponsel kamu menjadi boros dan cepat habis. Padahal sebelumnya kondisi baterai irit. Hal ini dapat berlaku untuk semua merk smartphone seperti Xiaomi, Samsung, hingga iPhone. Lantas, bagaimana cara mengatasi smartphone agar baterai awet? Yuk, simak tips dibawah ini ya.

1. Jaga kesehatan baterai

Langkah paling utama dan penting untuk menjaga kesehatan baterai adalah dengan menggunakan adaptor daya asli yang dirancang khusus untuk ponsel jenis tersebut. Karena adaptor dan pengisi daya lain dapat mengisi daya, tetapi sangat lambat. Pengisi daya palsu juga dapat merusak ponsel ataupun baterai. 

2. Pilih Pengaturan yang Membantu Kamu Menghemat Baterai

Gunakan pengaturan yang tidak menggunakan banyak daya. Kamu dapat mengatur agar layar ponsel mati lebih cepat, kurangi kecerahan layar dan mengatur kecerahan supaya berubah secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat mengonfigurasinya dengan mematikan suara atau getaran keyboard, membatasi aplikasi yang menghabiskan banyak baterai, mengaktifkan baterai adaptif atau pengoptimalan baterai, dan menghapus akun yang tidak digunakan.  

3. Hindari Isi Daya Baterai Semalaman

Tips lainnya adalah agar pengguna menghindari pengisian baterai saat tidak digunakan, seperti pada malam hari. Mengisi daya semalaman saat Anda tidur adalah praktik umum, tetapi tidak disarankan karena beberapa alasan.

Pertama, pengisian daya baterai yang terus-menerus dapat memengaruhi stabilitas jangka panjang dan dapat menyebabkan kegagalan sistem. Kedua, baterai memiliki tegangan yang lebih tinggi saat terisi 100 persen. Ketiga, pengisian semalam menciptakan ekstra panas dari energi yang terbuang.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut